Senin, 29 Maret 2010

Sabar dalam Ujian & Cobaan

بسم الله الرحمن الرحيم
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Sebagaimana dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 155, Allah SWT menjelaskan kepada ummatnya untuk dapat sabar dalam menjalani cobaan yang telah diberikian Allah SWT kepada hamba-hambanya.
Sehubungan dengan ujian Allah SWT, dilukiskan oleh Rasulullah saw sebagai berikut:

Ketika salah seorang anak, putera seorang hamba Allah wafat, Allah SWT berfirman kepada malaikat: “Apakah telah kalian cabut nyawa anak hambaKu itu.”Malaikat itu mengiyakan. Allah berfirman:”Apakah kalian cabut nyawa buah hatinya.”Para malaikat mengiyakannya. Allah SWT berfirman: “Apa yang diucapkan hambaKu?” Para malaikat menyahut:“Ia mujiMu dan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.”Allah SWT berfirman: “Dirikanlah rumah bagi hambaKu di syurga, dan berilah nama ”rumah pujian”.
(H.R Atthirmidzi dari Abi Musa. Hadits hasan.)

Kesimpulan hadis di atas, sungguh sangat sayangnya Allah SWT kepada ummatnya yang sabar dalam menerima cobaan yang diberikan Allah SWT kepada hambanya.dan sungguh sangat bahagia orang yang telah di berikan Allah SWT tempat di surga.

Allah SWT memberikan Ujian & Cobaan kepada hambanya pada hakikatnya untuk mengetahui sejauh mana kompetensi seorang mukmin dalam menguasai ajaran yang diberikan-Nya. Bukanlah Allah SWT memberikan Ujian & Cobaan kepada hambanya di sebabkan Allah SWT tidak sayang kepada hamba-hamba Nya

Dalam surat Al-Baqarah ayat 155, Allah s.w.t. menegaskan bahwa alam dunia ini merupakan tempat ujian dan cobaan, dan Allah swt. akan memberikan cobaan dengan berbagai musibah dan malapetaka.Oleh karena itu dalam berbagai ayat Al qur’an,Allah swt. memerintahkan hamba-hambaNya untuk tetap bersabar, dan pada akhir ayat tersebut (Q.S.Al-Baqarah 155) Allah swt. memerintahkan kepada Nabi Muhammad saw. untuk memberikan kedudukan yang istimewa kepada orang-orang yang sabar.
Mereka inilah yang dapat menahan diri dalam menanggung segala penderitaan yang mengetahui bahwa segala ni’mat yang mereka terima itu datang dari sisi Allah. Mereka meng-Esakan Allah serta yakin bahwa dirinya akan dibangkitkan dan kembali kepada Allah swt. Mereka ridla atas segala ketetapan Allah serta mengharapkan pahala dari Allah dan takut akan siksa yang mungkin akan mereka derita karena mengingkari Allah swt.

Sesungguhnya Allah memberikan imbalan yag setimpal di akhirat kepada hamba-hambanya yang sabar dalam menjalani ujian dan cobaan dariNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar